Rabu, 21 Maret 2012

Usaha Muda

 Hingga saat ini jumlah wirausahawan Indonesia meningkat pesat dari tahun lalu yang hanya 0,24% ke angka ideal 2% dari populasi penduduk. Hal tersebut menunjukan perkembangan yang sangat baik dan ideal untuk suatu negara berkembang di mata dunia internasionl.

Meningkatnya pertumbuhan wirausahawan nasional ditandai dengan merambahnya berbagai produk Indonesia ke Amerika Serikat dan negara-negara lain. Pertumbuhan ini terjadi berkat dorongan yang dilakukan Kemenkop dan UKM melalui program GKN bersama mitranya. 
  
Seperti yang kita ketahui , di negara manapun didunia ini terbukti makmur dan sejahtera rakyatnya manakala pemerintah memprioritaskan kewirausahaan sebagai agenda utama dalam pembangunannya. Lihatlah negara-negara yang sukses maju seperti amerika, inggris, jerman, kanada, jepang, korea, singapura dan malaysia. Mereka menjadi negara maju dan rakyatnya makmur berkat kesungguhannya dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan.

Jika ingin keluar dari berbagai masalah terutama masalah kemiskinan dan pengangguran maka solusi yang paling tepat adalah menciptakan banyak 'entrepreneur' sukses. Kita sebagai generasi muda sekaligus sebagai agen pembaharu bangsa ini, tentunya mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menentukan nasib bangsa ini kedepannya. Ubahlah  'mind set'  kita bahwa sekolah/kuliah yang kita jalani ini bukan hanya semata untuk mencari pekerjaan, ada pilihan lebih mulia dari pada sekedar bekerja yaitu membuka peluang usaha (berwirausaha). 



Dengan wirausaha, selain akan melatih kemandirian dan kebebasan mengeksplorasi potensi juga dapat membantu membuka peluang pekerjaan bagi orang lain.
Apapun jenis  usahanya,  yakinlah pada diri kita sendiri bahwa kita mempunyai kelebihan dan potensi yang 'SUPER' dahsyat yang tersimpan didalam alam bawah sadar kita. Kenali dan gali potensi kita, implementasikan dengan membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan minat atau bakat kita. Jangan pendam potensi minat dan bakat yang kita miliki, mulailah membuka usaha dari hal yang mungkin terlihat kecil dan sepele namun percayalah dengan kesungguhan dan tekad yang kuat kita akan menjadi pengusaha besar, pengusaha sukses, pengusaha yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa ini dari berbagai keterpurukan. Mulailah dari sesuatu yang kecil, maka sesuatu itu akan berbuah besar jika kita sungguh-sungguh memelihara dan mengembangkannya. Tiada yang tak mungkin, tiada gading yang tak retak, mulai mencoba berusaha dengan segenap keyakinan dan optimis pada usaha yang kita jalani. "God bless You"

"Mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang selalu mempunyai dan menemukan ide/gagasan untuk pengembangan karirnya. Terlebih-lebih jika mahasiswa tersebut mempersiapkan diri untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, maka kreatifitas dan inovasi adalah kata kuncinya. Beberapa ide wirausaha dibawah ini yang mungkin sederhana namun ”membumi” dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memulai menjadi seorang Entrepreneur Sukses... " ( dikutip dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, by:Heri Kuswara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar