Rabu, 14 Maret 2012

Apa Itu kewirausahaan?

Kewirausahaan ? Dalam bahasa Inggris Kewirausahaan = Entrepreneurship 
Mengandung arti sebagai suatu proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan, berupa ide kreatif dan inovatif. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Atau dapat dikatakan sebagai sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif, mandiri dan berani menanggung resiko.

Pertama kali muncul pada abad 18 diawali dengan penemuan-penemuan baru seperti mesin uap, mesin pemintal, dll.

Dengan tujuan utamanya adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas.Keuntungan dan kekayaan bukan tujuan utama.

Wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.

Pengertian kewirausahaan berbeda-beda menurut para ahli (tokoh), beberapa tokoh yang mendefinisikan mengenai kewirausahaan antara lain : Richard Cantillon (1775), Jean Baptista Say (1816), Frank Knight (1921), Joseph Schumpeter (1934), Penrose (1963),Harvey Leibenstein (1968, 1979), Israel Kirzner (1979), Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio, Peter F. Drucker,dan Zimmerer.

Perhatikan gamabr di bawah ini :




Di bawah ini merupakan Ciri dan Watak Wirausahawan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar