Rabu, 04 April 2012

Kedelai dapat Menjadi Bisnis Susu

 Peluang bisnis Susu Kedelai
Negara kita kaya akan kekayaan alamnya.Banyak sekali hasil alam yang dapat kita olah menjadi peluang bisnis. Pengolahan yang benar akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya. Saya melihat kekayaan alam Indonesia yang selama ini kurang dimanfaatkan secara maksimal antara lain adalah kacang kedelai. Pada umumnya  kedelai hanya digunakan untuk bahan dasar tempe dan tahu. Padahal, kedelai bisa diolah menjadi produk-produk lain dengan nilai jual tinggi. Salah satu produk olahan dari kacang kedelai yang lainnya adalah produk susu. Susu kedelai sangat mudah membuatnya, akan tetapi khasiatnya bagi kesehatan cukup memberi manfaat, disamping itu juga dapat dijadikan peluang bisnis dan menghasilkan uang.

Salah satu cara meningkatkan nilai jual kedelai adalah dengan menjadikannya susu kedelai. Susu kedelai itu sendiri merupakan produk susu yang diolah dari sari kedelai yang digiling dengan mesin susu kedelai / dapat juga digiling dengan menggunakan blender.

Sebagai gambaran betapa nilai jual kedelai akan meningkat tajam yaitu  dengan 1 kg kedelai saja kita bisa mengolah menjadi sekitar 30 s./d 50 bungkus kemasan yang dihargai Rp 1000 s./d Rp 2000 per bungkus. Sementara harga kedelai mentah berkisar Rp 5.500 s./d  Rp 6.500 / kg. hal ini saja sudah dapat membuktikan bertapa besar peluang berbisnis susu kedelai, dengan keuntungan yang cukup menguntungkan yang bisa didapat dari usaha susu kedelai ini. Bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan atau bisnis utama.Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang cukup banyak. dapat mencoba peluang bisnis ini. Jika ingin meningkatkan inovasi pada produk susu ini, kita dapat menambahkan rasa pada susunya seperti rasa coklat,vanila, atau strawberry, sehingga daapt dijual dengan harga yang lebih tinggi karena ada berbagai pilihan rasa yang enak serta segar tersebut.

Modal yang dibutuhkan hanya mesin pembuat susu kedelai / blender, panci rebusan, wadah. Bahan baku kedelai dan bahan pelengkap juga mudah didapatkan.
Bagaimana dengan pemasarannya ? Susu kedelai memiliki rasa yang cukup nikmat. Sehingga susu kedelai ini sangat disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Susu kedelai merupakan salah satu jenis produk susu berprotein nabati (tumbuhan), berbeda halnya dengan susu sapi yang merupakan protein hewani. Susu kedelai sangat rendah lemak bahkan bisa dikatakan tanpa lemak. Susu kedelai juga bisa diberi perasa tambahan dan pewarna tambahan, untuk menarik konsumen.

Manfaat dan khasiat Susus Kedelai
Susu kedelai selain nikmat, ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang banyak, antara lain :
  1. Mengatasi Intolerensi Laktosa.
  2. Minumam untuk Penderita Autisme.
  3. Minuman untuk Vegetarian
  4. Mengurangi Kadar Kolesterol Darah.
  5. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke.
  6. Mencegah Diabetes Melitus.
  7. Hambat Menopause dan Cegah Osteoporosis.
  8. Mencegah Migraine
  9. Minuman Anti Kanker.
  10. Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging).
.Cara Membuat Susu Kedelai
Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Rendam kedelai yang hendak dijadikan susu kedelai selama 6-8 jam
2. Giling kedelai dengan mesin pembuat susu kedelai (burrmill) / menggunakan blender
3. Masak sari kedelai hingga mendidih, dan beri gula dan perasa atau pewarna (jika menghendaki)
4. Susu kedelai siap dihidangkan

Nah dari penjelasan tadi bagaimana, apakah anda berminat untuk memulai berbisnis susu kedelai?
Bermanfaat serta menguntungkan perekonomian kita. Selamat mencoba,, ^_^,,

1 komentar: