Rabu, 02 Mei 2012

Daur Ulang Kertas Menjadi peluang Bisnis




Apakah kita berpikir koran dan kertas bekas adalah sampah-sampah tak berguna? Pernahkah kita berpikir nilai manfaat apa yang dapat diberikan oleh sampah-sampah tersebut? Tak perlu bingung memikirkan tumpukan-tumpukan sampah kertas tersebut. Jangan khawatir jika di rumah kita banyak kertas dan koran yang menumpuk. Kita dapat memanfaatkannya menjadi pernak-pernik yang cantik dan bernilai jual. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, Kita dapat mengubah tumpukan kertas dan koran bekas menjadi uang. Kertas merupakan bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Peluang bisnis kertas daur ulang ini menarik karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan membutuhkan modal yang sedikit. Kita dapat menggunakan alat-alat yang ada disekitar kita. Ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa dengan kreatif dapat menguntungkan kita, kerajinan kertas daur ulang  dapat menghasilkan omset yang berlimpah.


Kertas daur ulang dapat dikreasikan menjadi benda – benda seni yang memiliki nilai jual cukup tinggi, misalnya saja dibuat pigura, kotak pensil, kartu ucapan, blocknote, ataupun souvenir lainnya. Konsumen kreasi kertas daur ulang rata – rata adalah para pengrajin yang membuat kotak kado, kotak pensil, serta kerajinan lain dari daur ulang kertas. Selain para pengrajin hasil daur ulang kertas juga diminati para masyarakat umum, yang kebanyakan dari anak muda. Mereka menganggap benda – benda dari kertas daur ulang memiliki nilai seni lebih tinggi.


Koran atau kertas bekas bisa menjadi sumber penghasilan jika kita jeli melihatnya. Mungkin selama ini benda tersebut kita buang atau dijual ke tukang barang bekas dengan imbalan yang tidak seberapa. Nah ternyata dari kertas bekas tersebut tersimpan potensi peluang usaha bisnis. Intinya kita menambahkan nilai tambah pada benda tersebut agar bernilai ekonomi tinggi dan dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan menggunakan produk kertas daur ulang kita juga turut mendukung kampanye “go green” yang saat ini sedang gencar digalakan oleh berbagai kalangan. Apa itu “go green”? Secara harafiah artinya membuat bumi kita lebih “hijau” atau dengan kata lain menjadikan kita lebih perduli terhadap lingkungan di sekitar kita, salah satunya adalah dengan memakai produk daur ulang sehingga dapat mengurangi sampah yang ada di lingkungan kita. 


Menurut penelitian, ternyata kertas daur ulang menghemat sumber daya alam, menghemat energi, mengurangi emisi gas rumah kaca , dan membuat ruang TPA gratis untuk jenis lain dari sampah yang tidak dapat didaur ulang. Daur ulang satu ton kertas dapat menghemat 17 pohon, 7.000 galon air, 380 galon minyak, 3,3 meter kubik ruang TPA dan 4.000 kilowatt energi yang cukup untuk kekuatan rumah rata-rata US selama enam bulan-dan mengurangi emisi gas rumah kaca oleh satu metrik ton ekuivalen karbon (MTCE).  


Di bawah ini adalah langkah-langkah melakukan daur ulang kertas untuk menjadikannya barang yang bernilai lebih:










6 komentar:

  1. mba dwi, boleh saya tanya lebih banyak soal cara pengerjaan dan penggunaan dari daur ulang kertas ini??
    saya mau belajar dan menjadikannya sebagai usaha kecil yg baru dilingkungan saya...!!
    terima kasih

    BalasHapus
  2. mb dwi beleh saya tau lebih banyak tentang pengerjaan daur ulang kertas ini,saya ingin belajar dn mncobaya

    BalasHapus
  3. bagus keranjang itu dari kertas ya, mantab tuh...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-migren/

    BalasHapus
  4. izin save gambar sebagai media pembelajaran

    BalasHapus
  5. Artikel yang sangat menarik, Bisnis Franchise Menggiurkan buat yang ingin memulai bisnis

    BalasHapus