Manajemen Informasi
Manajer menggunakan banyak laporan atau
tampilan informasi untuk mencerminkan kondisi fisik perusahaan.
Jenis-Jenis
Utama Sumber Daya
Manajer mengelola lima jenis utama sumber daya:
manusia, material, mesin (termasuk fasilitas dan energi), uang, informasi
(termasuk data).
Tugas manajer: mengelola sumber daya ini agar
dapat digunakan dengan cara yang paling efektif
Manajemen Sumber Daya
Sumber daya disusun agar siap digunakan saat
diperlukan, setelah disusun manajer berusaha memaksimalkan penggunaannya dengan
meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaga agar berfungsi pada efisiensi
puncak.
Bagaimana Informasi dikelola
Manajemen mencakup pengelolaan sumber daya
fisik dan sumber daya konseptual.
Data mentah yang terkumpul kemudian diproses
menjadi informasi yang berguna. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak
berguna dan menggantinya dengan informasi yang mutakhir dan akurat. Aktivitas
ini ( memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuang pada
saat yang tepat) disebut manajemen informasi.
Siapakah Para
Pemakai Informasi
Awalnya pemakai output komputer adalah pegawai
administrasi bagian akuntansi.
Tetapi bukan hanya manajer yang memperoleh
manfaat dari SIM (Sistem Informasi Manajemen), non-manajer dan staf ahli juga
menggunakan outputnya. Para pemakainya juga berada di luar perusahaan. SIM
bukanlah suatu sistem untuk memproduksi informasi manajemen, melainkan
informasi pemecahan masalah.
Para pemakai komputer meliputi: Manajer, non-manajer, orang-orang
dan organisasi-organisasi dalam lingkungan.
Tingkat-Tingkat
Manajemen
1. Tingkat perencanaan
strategis (Strategic Planning Level): direktur dan wakil direktur
2. Tingkat pengendalian
manajemen (Management Control Level): kepala divisi, manajer wilayah, direktur
produk
3. Tingkat pengendalian
operasional (Operational Control Level): kepala departemen, penyelia
(supervisor), pemimpin proyek
Tiga area bisnis yang tradisional: pemasaran,
manufaktur, dan keuangan
Dua area tambahan: sumber daya manusia (SDM),
dan jasa informasi
Keahlian
Manajemen
Ø Keahlian komunikasi:
manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan/tertulis
Ø Keahlian pemecahan
masalah (problem solving)
Pengetahuan
Manajemen
·
Mengerti computer
·
Mengerti informasi
Manajer dan Sistem
Sistem adalah sekelompok elemen yang
terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Elemen-Elemen
Sistem
Elemen input à Elemen transformasi à Elemen output
Data Versus Informasi
Data: fakta-fakta dan
angka-angka yang relative tidak berarti bagi pemakai
Informasi: Data yang telah
diproses/ data yang memiliki arti.
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
ü Fokus awal pada data:
nama untuk aplikasi akuntansi berbasis komputer awal adalah pengolahan data
elektronik (EDP), selanjutnya EDP menjadi DP (Data Processing).
SIA menghasilkan beberapa informasi sebagai produk sampingan
dari proses akuntansi
ü Fokus baru pada
informasi
Tahun 1964: generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara
penggunaan komputer
ü Fokus revisi pada
pendukung keputusan
Beberapa ilmuan membuat konsep sistem pendukung keputusan,
antara lain: Michael S.Scott Morton.G.Anthony Gorry, dan Peter G.W.Keen
ü Fokus sekarang pada
komunikasi
Otomatisasi kantor (OA) memudahkan komunikasi dan meningkatkan
produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan
alat-alat elektronik
ü Fokus potensial pada
konsultasi
komputer
diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti
manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (AI). Bagian khusus
dari AI adalah sistem pakar (ES).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar