Otomatisasi kantor (Office Automation)
Merupakan sebuah
rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses
pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
Dimulai pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape
/ Selectric Typewriter ( MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata
yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis
•
Definisi OA
Office Automation /
Otomatisasi Kantor :
Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal
terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan
di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
Sistem
Elektronik Formal dan Informal. Beberapa sistem OA direncanakan secara formal,
dan mungkin didokumentasikan dg suatu prosedur tertulis, mirip SIM. Namun,
sebagian besar sistem OA tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis,
mirip DSS.
Komunikasi Informasi.
Kata kunci yang membedakan OA dengan subsistem CBIS lain adalah komunikasi. OA
dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis komunikasi, baik lisan maupun
tertulis.
Orang-orang di Dalam
dan di Luar Perusahaan. Sistem OA masa kini memudahkan komunikasi tidak hanya
di antara orang-orang di dalam perusahaan, tetapi juga dengan orang lain di
lingkungan perusahaan.
Karena OA tidak memiliki pengelola data, penggunaan
database dibatasi pada isi informasi. Informasi dikumpulkan dari sistem fisik
perusahaan (SIA menggumpulkan datanya). Informasi juga disediakan oleh
lingkungan.
Informasi berfungsi
sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer seperti pengolah kata, e-mail,
dan konferensi komputer.
Pemecah masalah lain
berada ditengah-tengah garis yg memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini
berarti bahwa orang-orang itu mungkin berada di kedua area tersebut.
Model tsb. Juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer
seerti konferensi video dan audio.
·
Tujuan OA :
1. Penggabungan dan
penerapan teknologi
2. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3. Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan
·
Tujuan OA masa kini:
1. Pendapatan yang Lebih Tinggi versus
Penghindaran Biaya:
Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda
penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
2. Pemecahan masalah Kelompok:
Cara OA berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat
cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok.
3. Pelengkap – Bukan Pengganti:
Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukan tanpa keterbatasan. OA tidak
akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional – percakapan tatap
muka, percakapan
telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya.
OA harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.
·
Pengguna OA :
OA digunakan oleh
semua orang yang bekerja di dalam kantor, namun ada empat kategori yang
pengguna OA, yaitu :
1. Manajer
adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama
SDM.
2. Profesional
tidak mengelola orang, tetapi menyumbangkan keahlian khususnya (mis. Pembeli,
wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secara bersama
dikenal sebagai pekerja terdidik.
3. Sekretaris
bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai
tugas seperti menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal
pertemuan.
4. Pegawai administratif
melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin
fotocopy, menyusun dokumen, menyimpan dokumen dan mengirimkan surat.
· Model OA :
· Model OA :
Informasi dikumpukan dari sistem fisik perusahaan dan dimasukkan ke dalam database. Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer seperti pengolahan kata, surat elektronik , dan konferensi komputer. Aplikasi berbasis komputer memungkinkan pemecah masalah saling berkomunikasi dengan menggunakan komputer mereka. Penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seperti konferensi video dan audio.
·
Aplikasi OA :
1. Pengolahan Kata
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas yang
diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang ditik atau dicetak.
2. Surat elektronik
Dikenal sebagai E-mail, adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan
para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima pesan-pesan deengan menggunakan
terminal komputer dan alat penyimpanan
3. Voice mail
Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya
kedalam telepon. Telepon juga digunakan untuk mengambil pesan-pesan yang telah
dikirimkan. Voice mail memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan
audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk
audio saat dipanggil. Tiap pemakai mempunyai voice mailbox dalam penyimpanan
sekunder, dan peralatan khusus mengubah pesan audio ke dan dari bentuk digital.
4. Kalender elektronik
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan
manajer. Cara kerjanya mirip seperti organizer. Manajer atau sekretaris dapat
memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan dan menelaah kalender itu
dengan menggunakan keyboard. Konfigurasi peralatannya sama dengan e-mail.
Biasanya perangkat lunak e-mail menyertakan kemampuan kalender elektronik
5. Konferensi Audio
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio
diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan
konferensi. Telepon koferensi (conference call) merupakan bentuk pertama
konferensi audio dan masih digunakan. Konferensi audio tidak memerlukan
komputer, hanya melibatkan fasilitas komunikasi audio dua arah.
Keuntungan konferensi audio :
ü Biaya peralatan yang
diperlukan untuk konferensi audio berada dalam jangkauan semua perusahaan.
ü Orang-orang merasa
santai berbicara di telepon.
ü Konferensi audio dapat
disiapkan dalam waktu singkat
6. Konferensi video
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang
tersebar secara geogrrafis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan
video. Seperti konferensi audio, konferensi video tidak memerlukan komputer .
Tiga konfigurasi dasar
konferensi video, berdasarkan kemampuan sinyalnya :
ü Video Satu Arah dan Audio Satu Arah
Sinyal video dan audio dikirimkan dari satu tempat transmisi kesatu atau
beberapa tempat
penerimaan.
ü Video Satu Arah dan
Audio Dua Arah
Kemampuan audio dua arah memungkinkan orang ditempat penerimaan berbicara
dengan
orang di tempat transmisi sementara semua orang melihat pada gambar video yang
sama.
ü Video dan Audio Dua
Arah
Komunikasi audio dan video antara semua tempat berlangsung duaarah. Cara ini
merupakan
pendekatan konferensi yang paling mahal.
7. Konferensi Komputer
§ Terdapat perbedaan
yang tipis antara konferensi komputer dengan e-mail. Kedua aplikasi menggunakan
perangkat lunak yang sama dan konfigurasi peralatan yang sama. Yang membedakan
adalah orang yang menggunakan sistem dan masalah yang dibahas.
§ Konferensi komputer
adalah penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim
pemecahan masalah bertukar informasi mengenai masalah yang sedang dipecahkan.
§ Sebaliknya, e-mail
dapat digunakan oleh siapa pun dengan akses ke sistem dan untuk tujuan apa pun.
§ Konferensi komputer
dapat digunakan dalam satu tempat geografis. Teleconferencing mencakup tiga
bentuk konferensi elektronik yaitu audio, video dan komputer.
8. Transmisi faxsimili
£ FAX, singkatan dari
facsimile transmision, adalah penggunaan peralatan khususyang dapat membaca
citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya di
ujung yang lain. Saluran komunikasinya sangat sering berbentuk saluran telepon
biasa.
£ Fax berkontribusi pada
pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada anggota tim yang lain secara
cepat dan mudah, tanpa dibatasi oleh letak geografis mereka. Semua yang
difotokopi dapat ditransmisikan melalui fax.
9.Videotext
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar CRT materi narasi dan grafik yang
tersimpan.
Tiga sumber utama
bahan untuk menyediakan informasi dalam bentuk videotext:
r Menciptakan file
videotext pada komputernya sendiri.
r Berlangganan jasa
videotext, yang memungkinkan pemakai untuk mengakses file videotext
yang disediakan oleh jasa tersebut.
r Memperoleh akses ke
file videotext dari perusahaan lain.
10. Pencitraan (imaging)
Penggunaan pengenal karakter secara optik (optical character recognition)
untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microfilm menjadi format digital
untuk disimpan didalam alat penyimpanan sekunder . Kemudian citra tersebut
dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak.
11.Deskstop Publishing (DTP)
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat
mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem DTP berbentuk suatu
konfigurasi komputer mikro yang mencakup layar CRT resolusi tinggi dan printer
laser, dan dikendalikan oleh perangkat lunak DTP. Layar resolusi tinggi
memungkinkan operator menampilkan citra dalam bentuk WYSIWYG ( What You See Is
What You Get). Tampilan layar sama persis dengan salinan kertas yang dihasilkan
oleh printer laser.
Sistem pakar
Sistem pakar (expert system) : sistem yang
berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat
menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar
yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan
meniru kerja dari para ahli. Jadi sistem pakar = kepakaran ditransfer dari seorang
pakar (atau sumber kepakaran yang lain) ke komputer, pengetahuan yang ada
disimpan dalam komputer, dan pengguna dapat berkonsultasi pada komputer itu
untuk suatu nasehat, lalu komputer dapat mengambil inferensi (menyimpulkan,
mendeduksi, dll.) seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke
pengguna tersebut, bila perlu dengan alasan-alasannya. Sistem Pakar terkadang
lebih baik unjuk kerjanya daripada seorang pakar manusia. Dengan sistem pakar,
orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya
hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar
juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman.
Intelegensi
Buatan
Era computer masih
berada pada masa awalnya ketika management scientists mulai tertarik
menggunakan alat elektronik untuk kecerdasan buatan atau intelegensi buatan. Intelegensi
buatan (artificial intelligence), atau AI, adalah aktivitas
penyertaan mesin seperti komputer yang mempunyai kemampuan untuk menampilkan
tingkah laku yang dianggap intelligent (cerdas) jika dibandingkan dengan
manusia. AI memberikan aplikasi komputer tercanggih, yang bisa digunakan untuk
menduplikasi beberapa jenis penalaran manusia. Dari segala perhatian yang
ditujukan kepadanya, AI diangap sebagai konsep yang baru. Namun, sebenarnya
munculnya gagasan AI ini sudah sejak dulu yaitu dua tahun setelah komputer
pertama diinstal untuk kebutuhan bisnis.
Sistem Pakar untuk Penunjang Keputusan
- Daya
Tarik Sistem Pakar
Beberapa tugas
tertentu memerlukan pengetahuan khusus yang diperoleh dari pakar (expert).
Sayangya, tidak setiap manajer dapat mempekerjakan spesialis secara fulltime
atau dapat menyewa konsultan lur setiap kali ada masalah khusus muncul. Konsep
expert system (sistem pakar) didasarkan pada asumsi bahwa pengetahuan pakar
dapat disalin ke dalam penyimpanan komputer dan kemudian diterapkan oleh orang
lain saat dibutuhkan.
Pengetahuan pakar
memungkinkan sistem pakar untuk dapat melakukantugas pemecahan masalah dalam
porsi yang lebih besar daripada yangdapat dilakukanoleh aplikasi komputer lain.
Ketika pemrosesan data berada pada masa kejayaannya pada tahun 1950, ia hanaya
member dukungan yang sedikit terhadap pemecahan masalah. Keadaan berubah lebih
baik ketika digunakannya SIM pada tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an, dan
dengan munculnya DSS pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an, ia dapat member
dukungan yang lebih besar lagi. Pada akhir 1980-an,perhatian dan minat
cenderung kepada penggunaan sistem pakar untuk melakukan sebagian besar
pemecahan masalah.
Sebagai suatu sistem
pendukung keputusan, sistem pakar menawarkan kemampuan yang unik. Pertama,
sistem pakar menawarkan kesempatan untuk membuat keputusan yang melebihi
manajer. Contohnya, seorang pejabat investasi baru suatu bank dapat menggunakan
sistem pakar yang dirancang oleh seorang pakar investasi terkemuka dan dalam
penggunaannya, pengetahuan pakar tersebut disatukan dengan keputusan
investasinya. Kedua, sistem pakar dapat menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai
suatu pemecahan tertentu. Sangat sering penjelasan mengenai cara pemecahan yang
diperoleh lebih berharga dari pemecahan itu sendiri.
·
Komponen
Sistem Pakar
1.
Knowledge Base (Basis Pengetahuan)
Knowledge Base (Basis pengetahuan)
merupakan inti dari program sistem pakar karena basis pengetahuan itu merupakan
presentasi pengetahuan atau knowledge representation basis pengetahuan adalah
sebuah basis data yang menyimpan aturan-aturan tentang suatu domain knowledge/pengetahuan
tertentu. Basis pengetahuan ini terdiri dari kumpulan objek beserta aturan dan
atributnya (sifat atau cirinya), tentu saja di dalam domain tertentu. Contoh
:If hewan merupakan sayap dan bertelur then hewan jenis burung.
Ada 2 bentuk pendekatan basis pengetahuan
yang sangat umum digunakan yaitu :
a. Rule-Based Reasoning
(Penalaran berBasis Aturan)
Pada penalaran berbasis aturan, pengetahuan direpresentasi-kan
dengan menggunakan aturan berbentuk IF-THEN. Bentuk ini digunakan jika kita memiliki
sejumlah pengetahuan pakar pada suatu permasalahan tertentu, dan pakar dapat
menyelesaikan masalah tersebut secara berurutan. Bentuk ini juga digunakan jika
dibutuhkan penjelasan tentang jejak (langkah-langkah) pencapaian solusi.
b. Case-Based Reasoning
(Penalaran berBasis Kasus).
Basis pengetahuan akan berisi solusi-solusi yang telah di-capai
sebelumnya, kemudian akan diturunkan suatu solusi untuk keadaan yang terjadi
sekarang (fakta yang ada). Bentuk ini digunakan jika pemakai (user) menginginkan
untuk tahu lebih banyak lagi pada kasus-kasus yang hampir sama (mirip). Bentuk
ini juga digunakan jika kita telah memiliki sejumlah situasi atau kasus
tertentu dalam basis pengetahuan.
2. Working Memory (Basis Data atau Memori Kerja)
Working memory adalah bagian yang mengandung semua fakta-fakta
baik fakta awal pada saatsistem beroperasi maupun fakta-fakta pada saat
pengambilan kesimpulan sedang dilaksanakan selama sistem pakar beroperasi,
basis data berada di dalam memori kerja.
3. Inference Engine (Mesin/Motor Inferensi)
Inference Engine adalah bagian yang menyediakan mekanisme fungsi
berfikir dan pola-pola penalaran sistem yang digunakan oleh seorang pakar.
Mekanisme
ini akan menganalisa masalah tertentu dan selanjutnya akan mencari jawaban atau
kesimpulan
yang terbaik.
Mesin
ini akan dimulai pelacakannya dengan mencocokan kaidah-kaidah dalam basis
pengetahuan
dengan
fakta-fakta yang ada dalam basis data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar